7 Wisata Karanganyar Yang Indah

Bosan banget, kan, kalau traveling cuma belanja, nongkrong di kafe fancy, atau jalan-jalan di kota besar. Sekali-kali, bolehlah traveling ke tempat yang pemandangannya keren dan udaranya segar supaya stres kamu berkurang. Solo merupakan kota yang cukup banyak memiliki wisata alam yang indah. Kali ini, pegipegi pengin merekomendasikan tujuh wisata alam di Solo yang sayang untuk dilewatkan. Pastinya, kamu bakal betah dan terpesona dengan keindahannya.

1. Agrowisata Lembah Hijau Jaten Karanganyar

Agrowisata Lembah Hijau Jaten nggak hanya dipenuhi dengan rumput hijau membentang. Tapi, ada berbagai macam fasilitas yang bisa kamu nikmati untuk menghilangkan stres. Kamu bisa melakukan banyak hal yang biasanya nggak kamu lakukan di kota besar. Misal, belajar menanam berbagai jenis pohon dan tanaman. Bukan cuma merawat tanaman dan memberinya pupuk, bahkan kamu bisa langsung membuat pupuk organiknya. Kamu juga bisa belajar beternak dengan memeras susu sapi perah di Agrowisata Lembah Hijau Jaten.

Jika kamu sudah lelah dengan kegiatan bertani dan beternak, kamu bisa beristirahat sejenak sambil mencoba kuliner di kafetaria yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Biaya masuk ke kawasan Agrowisata Lembah Hijau Jaten hanya Rp 3000*. Tempat wisata ini terletak di Karanganyar dan buka setiap hari dari pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Agrowisata-lembah-hijau-jaten-karanganyar

www.jalansolo.com

2. Air Terjun Jumog

Sama seperti Agrowisata Lembah Hijau Jaten, Air Terjun Jumog juga terletak di Karanganyar, tepatnya di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso. Tiket masuknya juga sama murahnya, yaitu hanya Rp 3000*. Jika bawa motor, biaya parkirnya Rp 1000* per motor. Air Terjun Jumog memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter. Saat menuju lokasi tersebut, kamu akan disuguhkan keindahan pemandangan alam yang masih segar dan hijau. Kamu juga bisa mendengar kicauan burung yang merdu di sana, Jika beruntung, kamu bisa melihat pelangi yang seringkali terlihat di Air Terjun Jumog.

Saking indahnya pemandangan di Air Terjun Jumog, penduduk yang tinggal di sana dan wisatawan menjuluki tempat wisata ini sebagai “Surga yang Hilang”. Selain bisa menikmati keindahan air terjun, kamu dan keluarga juga bisa menikmati fasilitas lain, seperti arena permanaina anak, gazebo untuk istirahat, kolam renang, dan rumah makan. Kawasan ini buka setiap hari dari pukul 07.00 – 17.00 WIB.

air-terjun-jumog

blog.airyrooms.com

3. Air Terjun Segoro Gunung

Satu lagi tempat wisata alam di Karanganyar, tepatnya di Desa Segoro Gunung, Kecamatan Ngargoyoso. Di sana kamu bisa merasakan betapa indahnya pemandangan alam dengan suasana hijau dan jernihnya air terjun yang turun di sekitar Gunung Lawu. Ketinggian Air Terjun Segoro Gunung adalah sekitar 20 meter. Dengan ketinggian seperti itu, kamu juga bisa menikmati susunan batu yang ditata secara rapi dan melukiskan keindahan alam yang sesungguhnya. Jika berada di bawah air terjun, kamu bisa memandang langit biru kehijauan.

Air Terjun Segoro Gunung juga sering dijadikan sebagai lokasi perkemahan para siswa yang melakukan kegiatan pramuka. Mahasiswa pecinta alam juga sering memanfaatkan tempat ini untuk berwisata. Dan masih banyak obyek wisata di sekitar Air Terjun Segoro Gunung yang bisa kamu nikmati, misal kebun stroberi, kebuh teh, dan lain-lain. Tempat wisata ini buka setiap hari dari pukul 08.00 – 17.00 WIB.

segoro

www.jalansolo.com

4. Air Terjun Parang Ijo

Air Terjun Parang Ijo juga terletak di Lereng Gunung Lawu dan memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Ada banyak cara untuk menikmati kesegaran di sekitar Air Terjun Parang Ijo. Selain berdiri di dekat air terjun, kamu juga bisa menikmati keindahan alam di sana melalui gardu pandang (gazebo yang digunakan untuk mengamati keindahan alam). Tapi, kamu harus mengeluarkan energi lebih untuk menikmati keindahan dari gardu pandang karena lokasinya berada di atas bukit dan mengharuskan kamu untuk menaiki beberapa anak tangga yang cukup melelahkan.

Di sana juga ada fasilitas seru yang bisa kamu nikmati, seperti kolam renang, flying fox, taman bermain, dan lain-lain. Akses ke tempat wisata lain, seperti Candi Sukuh, Candi Cetho, dan lain-lain juga bisa kamu dapatkan dengan mudah jika beriwsata di Air Terjun Parang Ijo. Tiket masuknya juga murah banget. cuma Rp 2500*.

 

sumber : www.pegipegi.com

Sumber foto utama: www.fotografindo.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *