4 Cara Singkat Perawatan Komputer Berumur Panjang

Tips

Perawatan komputer sangat di perlukan sebagaimana kita memelihara hewan kesayangan, walaupun Komputer bukan mahluk hidup, setidaknya kita juga harus berkala dalam memberikan perawatan computer. Jangan hanya terfokus pada pemakaian saja, akan tetapi kita harus memperhatikan hal-hal yang dapat membuat umur hardware computer kita pendek, dikarenakan banyak faktor yang dapat memperpendek usia komputer. Oleh karena itu saa akan membagikan tips perawatan komputer agar berfungsi dengan baik.

  • Perawatan komputer dengan pebersihan berkala.

Pembersihan berkala sangat penting karena hardware dalam komputer sangat sensitif terhadap debu, debu merupakan faktor yang paling penting, yang dapat menghambat kinerja komputer secara optimal, karena debu dapat menghambat sirkulasi udara dalam komputer, padahal sirkulasi udara sangat diperlukan oleh komputer dikarenakan hawa panas dalam komputer tidak bisa keluar secara lancar. Serta hawa dingin yang diperlukan untuk mendinginkan suhu dalam komputer tidak bisa masuk. Fokuskan pembersihan pada fan prosesor serta mainboard komputer.

perawatan komputer
perawatan komputer
  • Pemakaian sesuai dengan Spesifikasi.

Jangan memaksakan pemakaian komputer anda apabila tidak sesuai dengan spesifikasi yang ada. Sebagai contoh, anda memiliki komputer dengan spesifikasi Prosesor Dualcore, memory 2gb jangan anda paksakan untuk bermain game yang bersulusi tinggi, atau program yang bekerja dengan grafis yang tinggi seperti adobe after effect, adobe premier, dll. Jadi jangan menjalankan program yang tidak sesuai dengan spesifikasi komputer yang anda miliki.

  • Jangan mematikan dengan lansung mecabut kabel power.

Mematikan koputer secara langsung dengan mecabut kabel power listrik sangat merugian anda, sebab secara langsung listrik yang mengalir ke PSU langsung terputus tanpa adanya perintah dari system komputer mengakibatkan konsleting hardware komputer, dan dampak yang akan terjadi apabila terlalu sering mencabut kabel listrik adalah terjadinya kerusakan terhadap Hardisk, mainboard serta PSU.

  • Jangan letakkan komputer di tempat yang lembab.

Usahakan untuk meletakkan komputer di tempat yang kering tidak lembab, sebab kondisi lembab akan memicu munculnya jamur yang dapat merusak komponen hardware komputer. Sebab jamur dapat menyebabkan konsleting komponen seperti IC, Kapasitor, dll. Perawatan komputer secara berkala sangan dibutuhkan untuk kondisi tempat yang lembab seperti di pemukiman dataran tinggi.

 

Sekian artikel dari saya semoga dapat membantu anda dalam perawatan komputer agar usia pakai komputer menjadi panjang, apabila ada kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf. Komentar anda sangat membantu dalam memperbaiki untuk dijadikan sebagai koreksi di kemudian hari. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *